img_5664

Masterpiece, Serpong – Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Multimedia Nusantara (HMDKV UMN), tengah menggelar pameran festival desain grafis tahunan, Ultigraph 2018, di Lobby Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang. Pameran ini diselenggarakan dari 12 November – 16 November 2018.

Pameran tersebut menghadirkan 38 karya, dengan mengangkat tema yang sama setiap tahun nya, yaitu “Kalavikasana”, artinya “Selalu berkembang”, dimana merupakan landasan bagi desainer grafis untuk mengembangkan diri dan tidak mudah berpuas diri di masa kini yang inovtif dan penuh teknologi baru.

 

Hasil karya yang dipajang memiliki berbagai kategori, yakni; self branding, packaging, campaign, dan font design. Semua ini diikuti oleh berbagai mahasiswa dari berbagai kampus.

 

Kategori self-branding, diikuti oleh Zairul Rozi dari Institut Seni Indonesia dengan tema “Personal Branding”, dan Ernest Widi Iswanto dati Institut Teknologi Bandung dengan tema “Emotions”.

 

Kategori kedua: packaging, diikuti oleh Annetta Dewi Wijaya & Yesica Suyanti dari Universitas Kristen Petra dengan tema “LOCO”, Danil dari UMN dengan tema “Suzzana Chocolate”, dan Vinka Vervita, juga dari UMN, dengan tema “Teh Celup”,

 

Kategori ketiga: campaign, kebanyakan diikuti oleh mahasiswa UMN seperti Gerwyn dengan tema “Yang Mana Yang Nyata”, Christy Monica dengan tema “Melihat Bukan Berarti Tahu”, Bianca Crystianty Kuncoro dengan tema “Safety Riding”,

 

Lalu kategori keempat: font design, juga hanya diiukuti oleh mahasiswa UMN yaitu Pierre Ang dengan tema “Belucia Typeface”, Fadila Disma dengan tema “Kuwari Typeface.”

 

Di tengah barisan pameran, juga terdapat kompetisi umum Desain Grafis, yang ditujukan untuk seluruh mahasiswa; baik mahasiswa UMN, maupun luar UMN. Pemenang kompetisi tersebut akan diberikan penghargaan berupa piala Samala, yang merupakan piala kampus, dengan akumulasi poin terbanyak.

 

Namun, walaupun kompetisi gambar desain grafis ini terbuka untuk umum, peserta hanya yang hanya adalah mahasiswa UMN. Padahal, kompetisi ini ingin mengajak semua mahasiswa luar kampus UMN agar dapat ikut serta. Hal tersebut bisa menjadi bahan evaluasi bagi publikasi Ultigraph kedepannya, untuk mencapai peminat peserta kompetisi desain grafis yang berada di luar kampus UMN.

Jurnalis: Elsa Himawan

Editor: Niskala H. Utami

Photographer: Fenina Jayalaksana

img_5664 img_5660 img_5696

© 2016-2018
Masterpiece Magazine
Media Guidelines