dsc_0027-5

dsc_0006-3 dsc_0027-5 dsc03639-1 img_8535-6 img_8536-7 img_8543-8 img_8548-9 sambutan-by-ganef-judawati-direktur-iddc-4 sambutan-oleh-rege-indrastudianto-ketua-adgi-2Masterpiece, Jakarta. Tipografi adalah seni memilih dan menata huruf – komponen visual dari sebuah teks. Di luar sifatnya yang secara estetis menyenangkan mata, secara fungsional tipografi juga menjadi sarana untuk mengkomunikasikan sesuatu dalam bentuk visual.

 

Bertujuan untuk mendukung karya-karya tipografi terbaik, The Type Directors Club mengadakan program pendidikan, kelas, seminar, dan kompetisi. The Type Directors Club atau yang juga dikenal sebagai TDC merupakan sebuah asosiasi desain grafis dan tipografi terkemuka asal Amerika Serikat yang didirikan oleh para praktisi desain grafis terkemuka pada tahun 1964. Selain program edukasi dan seminar, TDC etiap tahunnya juga mengadakan pameran keliling dunia. Dalam pamerannya ini, TDC memamerkan karya-karya desain grafis dan tipografi yang memenangkan kompetisi yang juga diadakan oleh TDC setiap tahunnya.

 

Dalam pembukaannya yang dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2017, TDC62 Jakarta menghadirkan dua desainer grafis terkemuka Indonesia, John Kudos dan Gumpita Rahayu, yang akan membawakan seminar mengenai industri desain grafis dan tipografi. Pembukaan pameran dimulai dengan kata sambutan oleh Ketua ADGI, Kepala Studio KUDOS, dan Kepala BEKRAF, kemudian dilanjutkan dengan tur karya pameran yang dipandu oleh salah satu pembicara, John Kudos.

Tema seminar yang dibawakan oleh John Kudos adalah “Shifting Design Business – How local designers compete in international setting”. John Kudos merupakan seorang desainer grafis asal Bandung dan juga pendiri dari KUDOS Design Collaboratory. Dalam seminar ini, Kudos berbicara mengenai bagaimana industri desain grafis tengah mengalami pergeseran, dimana desainer dituntut untuk mampu bersaing dalam kondisi lingkungan internasional.

Seminar kemudian dilanjutkan oleh Gumpita Rahayu yang membawakan tema “Seluk Beluk Industri Tipografi di Indonesia”. Gumpita Rahayu merupakan pendiri Toko Type, sebuah penerbit typeface independen asal Bandung. Kali ini, Gumpita berbicara mengenai perkembangan dan potensi tipografi untuk bergerak sebagai industri bisnis di tanah air.

Acara pembukaan yang dimulai pada pukul 13.30 ini ditutup dengan foto bersama. Pembukaannya sendiri tidak terbuka untuk umum, hanya dikhususkan untuk tamu undangan dan RSVP, sedangkan pamerannya yang berlangsung sepanjang bulan Agustus hingga awal September terbuka untuk umum dengan tiket masuk gratis. Pameran TDC62 Jakarta buka setiap Senin hingga Jumat mulai jam 10 pagi hingga jam 5 sore.

© 2017 · Masterpiece Magazine
Media Guidelines