invention_ryman_ig

Masterpiece, Serpong – Dalam dunia digital saat ini setiap orang lebih dituntut dalam mengedepankan efisiensi dalam seluruh aspek kehidupan dan tentunya mementingkan dampaknya terhadap lingkungan. Menyadari hal tersebut dalam dunia tipografi, lahirlah sebuah typeface atau jenis huruf bernama Ryman Eco. Ryman Eco adalah typeface ramah lingkungan  yang dirilis oleh Ryman Stationary dan Grey London Agency pada tahun 2014. Typeface yang didesain oleh Monotype dan Hogarth ini,  dapat menghemat 33% tinta dari yang dibutuhkan typeface pada umumnya.

 

Menurut Ryman (2014), jika semua orang menggunakan typeface ini, kita dapat menghemat lebih dari 490 juta katrid tinta dan dapat mengurangi emisi CO2 lebih dari 6,5 juta ton. Dengan glyph (sebutan untuk huruf, angka, dan ligature dalam suatu typeface) yang terbentuk dari susunan garis-garis, Ryman Eco menampilkan keseimbangan sempurna antara penghematan tinta, keterbacaan (legibility), dan estetika. Bila dilihat dari jauh atau digunakan dalam ukuran kecil, typeface ini akan tetap efektif terbaca, karena secara otomatis mata dan otak kita akan mengisi area yang hilang dari glyph. Bila dilihat dari dekat, typeface ini juga menarik secara visual.

 

Saat ini, Ryman Eco bekerjasama dengan 26 desainer untuk membuat 26 poster huruf Ryman Eco dengan tema Beautifully Sustainable . Program ini bertujuan untuk menampilkan keluwesan dan keserbagunaan typeface ini. Tidak hanya menampilkan keindahan tiap huruf, poster-poster ini juga mengingatkan kita pada manfaat typeface yang ramah lingkungan.

 

Typeface ini dapat diunduh secara gratis melalui laman resmi Ryman Eco:

http://rymaneco.co.uk/index.html

 

 

 

Jurnalis: Ovita Pattari Purnamadjaya & Joan Nicoletta

Editor: Florentina Sukmawati

 

Sumber:

http://rymaneco.co.uk/about.html

http://rymaneco.co.uk/index.html

http://www.sustainablebrands.com/news_and_views/products_design/aarthi_rayapura/ryman_eco_worlds_most_sustainable_font

https://www.huffingtonpost.com/2014/04/22/ryman-eco_n_5192501.html

https://www.creativereview.co.uk/ryman-eco-grey-london-and-ryman-launch-sustainable-free-font/

 

© 2016-2018
Masterpiece Magazine
Media Guidelines