post-ig-template

Masterpiece, Serpong – Dalam kehidupan sehari-hari, kita tanpa sadar selalu melakukan aktivitas baca-tulis. Bacaan atau tulisan tersebut biasanya merupakan visual berbentuk susunan huruf dan kata yang sudah dibuat sedemikian rupa yang dikenal dengan sebutanm font. Font merupakan sebuah desain dari karakter seperti huruf, angka, dan tanda baca. Ada banyak desain font di dunia ini dan salah satu yang paling dikenal adalah Helvetica yang diciptakan oleh Max Miedinger.

 

Max Miedinger lahir di Zurich, Switzerland pada 24 Desember 1910. Menginjak usia 16 tahun, ia bekerja sebagai penata huruf di sebuah percetakan buku sedangkan malam harinya ia luangkan untuk mengikuti kelas di Kunstgewerbeschule (sebuah sekolah seni di negara-negara yang menggunakan bahasa Jerman). Melanjutkan minat yang sudah diasah sejak kecil, Max Miedinger bekerja secara profesional sebagai tipografer untuk sebuah studio periklanan bernama Globus. Pada tahun 1946, ia mendapatkan pekerjaan baru di Haas Type Foundry dan bertahan di sana selama 10 tahun. Setelah berhenti dari pekerjaannya, ia memutuskan untuk menjadi pekerja bebas (freelancer) sebagai konsultan periklanan dan desainer grafis.

 

Max Miedinger kemudian dikontak oleh Eduard Hoffmann, kepala dari perusahaan Haas Type Foundry saat itu. Eduard Hoffmann menunjuk Max dengan kepercayaan bahwa ialah satu-satunya desainer yang bisa mendesain jenis huruf baru untuk perusahaannya. Pada tahun 1957, keduanya menciptakan jenis huruf yang awalnya diberi nama Neue Haas Grotesk. Tujuannya saat itu adalah untuk menjadi saingan bagi huruf yang populer saat itu, Akzidenz-Grotesk.

 

Pada tahun 1960, font Neue Haas Grotesk itu diadopsi oleh Linotype.corp dan mengalami banyak perubahan. Sampai akhirnya, Neue Haas Grotesk beralih nama menjadi Helvetica yang lebih kita kenal sekarang. Helvetica sendiri merupakan istilah dalam bahasa latin untuk negara Swiss, tempat di mana font itu tercipta.

 

Jurnalis: Kevin Anggara

Editor: Felicia Margaretha

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Helvetica

http://www.historygraphicdesign.com/the-age-of-information/the-international-typographic- style/806-max-miedinger

https://multimediaman.wordpress.com/2013/05/11/eduard-hoffmann-1892-1980/

 

© 2016-2018
Masterpiece Magazine
Media Guidelines