mastertalk-19

Masterpiece, Jakarta – Sabtu (21/4) pagi, telah diadakan Mastertalk yang berjudul “Creatively Sneaky: Finding Your Identity Through Reference Building” dengan empat pembicara yaitu Ibrahim, Kemas, Jake, dan Ikhwan dari studio Tomodachi. Seminar ini diawali dengan pengenalan para pembicara dan menceritakan latar belakang berdirinya studio Tomodachi. Ibrahim menjelaskan bagaimana dia tidak menggangap dirinya sendiri sebagai founder studio Tomodachi, melainkan “kebetulan nemu” tetapi dia tidak sendiri. Studio Tomodachi juga didirikan oleh Kemas yang menemukan nama “Tomodachi” sendiri.

 

“Finding Your Identity Through Reference Building”, menurut Jake sama saja dengan “Mencari Jati Diri HQQ di antara Balada Kesamaan”. Jake menjelaskan bahwa seni itu tidak semua murni. Hampir semua seni itu rekreasi dari karya-karya sebelumnya, atau seperti yang dijelaskan Jake transfer the existing. Triknya untuk menghasilkan sebuah karya yang orisinil adalah untuk menggabungkan dari berbagai refrensi yang membuatnya sesuatu yang menarik.

 

Para pembicara menyarankan agar semua illustrator atau calon illustrator mempunyai Reference Bank, yaitu seperti mood board yang penuh dengan karya-karya yang menarik dan menginpirasi.

 

Selain mempunyai Refence Bank yang banyak, untuk mengembangkan gaya sendiri harus juga mengusasi the Fundamentals, yaitu dasar-dasar pelajaran seni desain. Tahap pertama terdiri dari value, anatomi, perspetif, dan komposisi. Tahap kedua terdiri dari color theory, proporsi, dan common practice. Tahap ketiga adalah dimana seseorang bisa mulai mengeksplorasikan gaya-gaya yang berbeda sambil membangung referensi. Tahap terakhir adalah ketika seseorang sudah menenukan gaya sendiri, mereka sudah nyaman untuk memperkembangkan gaya itu. Mempelajari Fundementals penting dalam mengembangkan gaya sendiri karena semua bertahap. Untuk menemukan gaya sendiri akan melewati sebuah proses “Style should be something you develop after you’ve learned the fundamentals, never before it.”

 

Hal yang paling penting untuk dipahami bahwa untuk mengembangkan gaya sendiri butuh waktu dan proses, jangan pernah berhenti menginginkan untuk berkembang.

 

Jurnalis : Niskala H. Utami

Editor : Florentina Sukmawati

Fotografer : Nicoletta Joan

 

mastertalk-21 mastertalk-28 mastertalk-19

© 2016-2018
Masterpiece Magazine
Media Guidelines