jeanlouis4

Masterpiece, Serpong – “Interior saya adalah tentang suasana, karakter, tekstur, dan rasa harmoni” – Jean-Louis Deniot

 

Ketika berbicara mengenai dunia desain interior, Jean-Louis Deniot merupakan sebuah nama yang tak dapat dilewatkan begitu saja. Deniot, lahir di Perancis pada 27 Agustus 1974, merupakan salah satu desainer interior terbaik di dunia. Karya-karyanya sudah dimuat dalam berbagai majalah desain bergengsi, salah satunya Elle Decor. Namanya masuk dalam daftar 100 talenta unggul di bidang arsitektur dan desain versi AD (Architectural Digest). Dikenal dengan gaya interiornya yang selektif dan simbolis, Jean-Louis Deniot bereksperimen dalam beragam repertoar. Dengan kata lain, ia tidak pernah berpegang pada satu jenis gaya murni. Keseimbangan merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan idealisme Jean-Louis Deniot. Menurutnya, gaya (yang diterapkan dalam desain interior) merepresentasikan suatu gaya hidup dan harus dapat mencitrakan keharmonisan.

 

Sejak usia belia, Jean-Louis Deniot sudah menaruh ketertarikan khusus pada desain interior. Ketika masih berumur 10 tahun, Jean-Louis Deniot sudah mulai membuat miniatur dari struktur arsitektur serta dekorasi interior. Pada usianya yang masih 12 tahun pun, ia menyadari dengan jelas bahwa dirinya ditakdirkan untuk berkecimpung dalam dunia desain interior dan arsitektur.

 

Jean-Louis Deniot kemudian meneruskan minatnya di Ecole Camondo, salah satu sekolah prestisius di bidang desain interior, dimana ia belajar mengenai gaya dan konsep kontemporer yang memungkinkan dirinya untuk mengembangkan kemampuan analitis dan kreativitasnya. Namun, Deniot kemudian merasa dibatasi hingga akhirnya memutuskan untuk langsung terjun ke dunia profesional pada usianya yang masih 21 tahun. Minatnya terhadap sejarah seni dan arsitektur menggerakan dirinya untuk membuka agensi sendiri usai lulus. Di bawah perusahaannya yang berdiri pada tahun 2000, Jean-Louis telah mengerjakan beberapa rancangan perumahan, proyek komersial, dan bahkan juga menjadi desainer interior untuk pesawat pribadi Falcon 2000.

 

Penggemar dari desain-desain ikonik, rancangan-rancangan Jean-Louis Deniot diwarnai tekstur dengan nada dan palet warna yang halus dan pencahayaan yang tanpa cela. Terletak di antara gaya klasik dan estetika kontemporer, desain interior Deniot mengekspresikan ketenangan, keanggunan, serta kesan dramatis. Baginya, tujuan dari mendekorasikan suatu ruang bukanlah untuk menciptakan suatu tampilan yang khas, melainkan menciptakan atmosfer. Rancangan-rancangan Jean-Louis Deniot didesain dengan kontinuitas dan kesinambungan atas setiap karakter dari brand yang ia kerjakan, namun juga dilengkapi dengan pemikiran progresif dan sentuhan estetis yang mengejutkan.

 

Hasil rancangannya pun tersebar di berbagai penjuru dunia, mulai dari rumah di Hamptons, apartemen di Chicago, penthouse di Milan, hingga kota asalnya Paris, yang menjadi rumah dari pencapaian-pencapaiannya terbaiknya. Salah satu rancangan yang menjadi realisasi dari impiannya adalah sebuah properti mewah di New Delhi yang ia bangun dari nol. Titik awal dari perancangan rumah berukuran 2.322 m2 tersebut adalah sebuah foto Villa California di Cannes bergaya Picasso periode abad 19. Dalam merancang bangunan tersebut, Jean-Louis Deniot mengambil inspirasi dari aristek legendaris asal Inggris Edwin Lutyens, menghindari kesan rumah Perancis.

 

Sejak tahun 2009, perusahaannya termasuk sebagai salah satu perusahaan desain interior terkemuka. Perusahaannya kini dianggap sebagai masa depan generasi baru French High Decoration. Di samping rancangan-rancangan yang ia kerjakan di bawah perusahaannya, Deniot juga mendapatkan rekognisi untuk perabotan mebel dan koleksi pencahayaan atas kolaborasinya dengan Jean de Merry, George Smith, Collection Pierre, Pouenat, Bronze d’Art Francais dan Marc de Berny. Pada usianya yang baru menginjak usia 40, Deniot mempublikasikan buku perdananya “Jean-Louis Deniot Interiors” (2014), 286 halaman yang menunjukkan karya-karyanya yang beragam dan luar biasa memukau.

 

Sumber:

 

http://www.bestinteriordesigners.eu/top-interior-designers-jean-louis-deniot/

https://www.deniot.com/fr/biographie/decor-interieur/

https://elyseemiami.com/interior-designer-jean-louis-deniot/

 

Penulis: Ricky S

Editor: Felicia Margaretha

© 2016-2018
Masterpiece Magazine
Media Guidelines