Editorial Illustration oleh Tomodachi Studio

By April 15, 2017Event
copy-of-img_6134

Pada sabtu (15/4), Desain Grafis Indonesia (DG) kembali menggelar lokakarya di Mobile Museum DGI, Q-Big Mall, BSD. Acara yang diadakan pada akhir pekan kedua dari April, mengangkat tema ‘Editorial Illustrator’ yang dibawakan oleh Tomodachi Studio.

Basith, Kemas dan Ikhwan – Founder Tomodachi Studio, membuka acara dengan bercerita tentang latar belakang awal terbentuknya Illustrator dan Animation Studio bersama. ‘Jadi dulu ketemu kemas paling sering di coffee shop, kita suka banget gambar bareng, akhirnya kita buat ide untuk bentuk studio’ ujar Basith.  ‘Kalau ikhwan, yang paling muda diantara kita bertiga, dia masih kuliah dan sambil kerja juga, nah gambar dia keren banget makanya kita ajak gabung’ lanjutnya. Ketiga pria ini juga membahas beberapa karya ilustrasi mereka dan berbagi pengalaman mereka dalam dunia kerja. Berbagai macam materi tentang ‘Editorial Illustrator’ disampaikan dengan berbagai ilustrasi dari hasil karya yang telah mereka buat.

Lokakarya yang berlangsung hampir selama 3 jam ini dilanjutkan dengan menggambar diatas secarik kertas yang telah disediakan. Namun, tantangan menggambar yang diberikan oleh ketiga pria ini cukup menarik dan menantang. Mereka memberikan tiga tema dari sebuah artikel yang akan diberikan kepada para peserta untuk membuat sketsa ilustrasinya. ‘Kita bakal keliling, buat ngecek gambar kalian, kalau ada pertanyaan silahkan ditanya yah, kalau bisa buat empat sketsa biar lebih bagus’ ujar Basith. Sketsa yang dibuat oleh pensil terlebih dahulu pun mulai dituangkan oleh cat air sebagai hasil akhirnya.

‘Menurut Gua yang penting kita harus lebih banyak explore di luar kampus dan keluar dari zona aman kita’ ujar Basith yang berhenti dari kuliahnya sejak semester lima di Binus Internasional. ‘Dulu itu cita-cita Gua jadi dokter, tapi sayangnya Gua gak lulus UN SMA, jadi Gua menggambar aja’ ujar kemas lulusan Binus 2010. ‘Kalau Gua sih dulu penggemarnya si Basith, jadi pingin aja kaya dia, keren’ ujar  Ikhwan yang sedang berada pada semester akhirnya. Alasan untuk mencari uang sendiri dan ingin mencoba bisnis sendiri ini yang telah membuat ketiga pria ini menekuni diri mereka sebagai illustrator professional.

 

Jurnalis: Angela Monica

Fotografer: Agung Cahyo

 

 

© 2017 · Masterpiece Magazine
Media Guidelines