Bekraf Luncurkan Aplikasi Perlindungan HKI Bagi Pelaku Kreatif

By March 9, 2016Ideas
Untitled

Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) baru saja meluncurkan aplikasi di Google Play Store bernama BIIMA, yaitu Bekraf IPR Information in Mobile Application pada Rabu 24 Februari 2016 lalu. Aplikasi ini berfungsi untuk memberikan informasi seputar hak cipta, paten merek, dan kekayaan intelektual.

Triawan Munaf, selaku Kepala Bekraf dalam acara Social Media Week 2016 mengungkapkan bahwa peluncuran aplikasi BIIMA bertujuan agar setiap orang dapat mengakses informasi mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dengan lebih mudah.

Lewat aplikasi BIIMA, pengguna dapat melihat adanya banyak kriteria yang tercantum sehingga suatu produk yang berupa karya seni, software, bahkan makanan, dapat dipatenkan. Selain untuk pengguna Android, aplikasi BIIMA akan segera diluncurkan bagi para pengguna iOS. Namun kalian masih harus bersabar karena proses pembuatan aplikasi ini dijadwalkan selesai pada bulan Maret.

Selain dapat mengakses informasi, BIIMA juga dapat merincikan biaya yang dibutuhkan untuk pendaftaran dan perpanjangan HKI. Namun, untuk saat ini pengguna aplikasi BIIMA hanya dapat memakainya untuk membaca dan menambah wawasan mengenai HKI. Sehingga untuk pengajuan permohonan HKI, pengguna tetap perlu mengunjungi Direktorat Jenderal HKI secara langsung.

Untitled

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com

SUMBER: KOMPAS

© 2017 · Masterpiece Magazine
Media Guidelines