ASPaC 2018: Empat Desain Kemasan Karya Mahasiswa Indonesia Siap Bersaing ke Jepang

By November 8, 2018Event
dsc_0123

Masterpiece, Jakarta – ASPaC Indonesia Awarding Event 2018 kembali diselenggarakan pada Selasa (6/11) di Indonesia Design Development Center (IDDC). Event yang bertujuan untuk mengapresiasi karya-karya terbaik desainer Indonesia ini diadakan oleh Komite ASPaC Indonesia bekerjasama dengan The Japan Foundation Jakarta dan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

 

Acara penganugerahan karya ini dibuka dengan sambutan oleh Rege Indrastudianto selaku ketua ADGI nasional periode 2017-2020, Norihisa Sukamoto dari The Japan Foundation Jakarta, Keishi Suzuki selaku President Director JETRO Jakarta, dan Bambang Irianto selaku perwakilan dari Kementrian Perindustrian.

 

Asia Student Package Design Competition atau yang lebih dikenal dengan ASPaC adalah kompetisi tahunan yang bermula pada tahun 2010 dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong kreativitas mahasiswa sekaligus membantu mempersiapkan karir mereka di industri kreatif. Terdapat 10 negara yang berpartisipasi pada ASPaC tahun ini, yaitu Jepang, Korea Selatan, Thailand, Indonesia, Vietnam, Taiwan, Malaysia, Singapura, Cina, dan, Filipina.

 

Tema dari ASPaC 2018 adalah ‘Innovation’ sehingga tentunya karya-karya yang inovatif-lah yang menjadi sorotan utama pada kompetisi ini. Partisipan tahun ini juga meningkat dari tahun lalu dari yang berjumlah 160 karya menjadi total 328 karya pada tahun 2018. Dari 328 karya yang masuk kemudian dipilih 4 karya terbaik yang nantinya menjadi perwakilan Indonesia untuk lanjut ke jenjang internasional yang nantinya akan berlangsung di Jepang. Berikut adalah 4 pemenang karya terbaik ASPaC 2018 Indonesia.

 

STMJ ‘Sooper Food’

Oleh Clara Chrysilla Yahya

Dari Universitas Multimedia Nusantara

 

PÉTIS

Oleh Laras Zita Tedjokusumo

Dari Universitas Multimedia Nusantara

 

Energen Sereals

Oleh Muhammad Iqbal Firdaus

Dari Institut Kesenian Jakarta

 

POHACI

Oleh Angela Merici Diah Larasati & Maharani Yasmin

Dari Binus Northumbria School of Design

 

Para pemenang karya terbaik ini nantinya akan kembali mempersiapkan karya mereka untuk dilombakan lagi dengan karya-karya terbaik lainnya di Jepang. 15 karya lainnya yang terpilih sebagai Merit Awards akan ikut serta pada pameran keliling di Jepang dan negara Asia lainnya. Selain itu 32 karya yang masuk ke dalam kategori Fine Works juga akan dimuat karyanya dalam katalog ASPaC 2018.

 

Komite ASPaC Indonesia berharap dengan adanya 4 peserta yang menjadi perwakilan Indonesia di  Jepang dapat menajdi motivasi mahasiswa desain dan desainer muda lainnya untuk mengikuti ASPaC pada tahun berikutnya. Oleh karena itu, untuk teman-teman mahasiswa desain yang tertarik untuk membuat karya-karya packaging yang keren dan inovatif, jangan lupa untuk mempersiapkan diri kalian menjadi wakil Indonesia di ASPaC berikutnya ya!

 

Jurnalis: Michelle Leonie

Editor: Yolanda Chailani

Fotografer: Ovita Pattari Purnamadjaya

 

dsc_0131 dsc_0139 dsc_0127 dsc_0098 dsc_0095 dsc_0091

© 2016-2018
Masterpiece Magazine
Media Guidelines